70+ Soal Tes PPPK (Kompetensi Teknis & Pembahasan)

Post a Comment

Contoh Soal Tes PPPK Kompetensi Teknis Untuk Guru SD dan Pembahasan Lengkap Tahun 2021

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, serta wawancara. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 berserta kunci jawaban yaitu soal pppk guru honorer untuk guru SD atau PGSD.

Soal PPPK dengan Kompetensi Teknis adalah soal yang mempertanyakan tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan secara spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan seorang guru; pgsd; soal pppk; soal pppk tahun 2021; soal pppk 2020; soal pppk 2021 pdf; soal pppk pedagogik; soal pppk matematika; soal pppk untuk guru sd; soal pppk kompetensi teknis; soal pppk sosiokultural; soal pppk pai; soal pppk bahasa inggris; kisi kisi soal pppk 2021; contoh soal pppk guru sd 2021 soal pppk guru honorer; contoh soal pppk guru sd; contoh soal pppk 2021; soal pppk 2021; contoh soal pppk; soal pppk tahun 2021 pdf; soal soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020; latihan soal pppk online; download soal pppk 2021 pdf; latihan soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020 pdf; soal pppk guru honorer 2019 pdf; soal pppk 2021 dan pembahasan; soal pppk tahun 2021 pdf guru sd; soal pppk pgsd 2021; soal pppk prakarya; soal pppk agama islam; soal pppk agama islam 2021; soal pppk agama kristen; soal pppk agama katolik; soal pppk adalah; soal pppk apa saja; soal pppk agama kristen protestan; soal pppk akuntansi; soal pppk bahasa indonesia; soal pppk biologi; soal pppk bimbingan konseling; soal pppk bahasa indonesia sd; soal pppk beserta jawaban nya; soal pppk bahasa inggris pdf; soal pppk biologi 2021; bank soal pppk; bentuk soal pppk; soal pppk cpns; soal cat pppk; soal cat pppk 2019; simulasi soal cat pppk; kumpulan soal cat pppk; latihan soal cat pppk; contoh latihan soal pppk; contoh soal soal pppk; contoh contoh soal pppk; soal pppk dan pembahasan; soal pppk dari kemendikbud; soal pppk dan pembahasan tahun 2021; soal pppk dan kunci jawaban; soal pppk desain pembelajaran; soal pppk dan pembahasan 2021; soal2 p3k 2021; soalpppk2021; soal2 tes pppk;
Kumpulan Soal Tes PPPK Kompetensi Teknis Beserta Kunci Jawaban

  1. sebagai sarana untuk mendukung pengembangan profesi pemerintah memberikan guru hak cuti studi dengan masa cuti ...

     a. 3 bulan
     b. 6 bulan
     c. 1 tahun
     d. 2 tahun
     e. 4 tahun

    pembahasan.
    guru dapat memperoleh cuti studi yang bertujuan untuk pengembangan keprofesian paling lama enam bulan dengan memperoleh hak gaji penuh. jawabannya tepat adalah b. 6 bulan.

  2. Adi vidyalaya adalah program pendidikan yang setara dengan ...

     a. SD
     b. SMP
     c. SMA
     d. Perguruan Tinggi
     e. tidak ada jawaban benar

    pembahasan.
    Adi vidyalaya adalah program pendidikan yang sederajat dengan sd-mi paket A atau diniyah dasar. jawaban yang tepat adalah a. SD.

  3. mata pelajaran antropologi merupakan salah satu mata pelajaran karakteristik perjurusan yang diujikan dalam ujian nasional tingkat SMA untuk jurusan ...

     a. bahasa
     b. IPA
     c. IPS
     d. agama
     e. tidak ada jawaban benar

    pembahasan.
    mata pelajaran antropologi adalah mata pelajaran karakteristik jurusan yang diujikan dalam ujian nasional tingkat SMA untuk jurusan bahasa bersama dengan mata pelajaran sastra Indonesia dan bahasa asing. pilihan jawaban yang tepat adalah a. bahasa.

  4. lembaga Mandiri yang dibentuk untuk berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan arahan dan dukungan tenaga sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan adalah ...

     a. Dewan pendidikan
     b. KKG
     c. Komite sekolah
     d. Osis
     e. tidak ada jawaban yang benar

    pembahasan.
    komite sekolah atau Madrasah sebagai lembaga Mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan arahan dan dukungan tenaga sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. jawaban yang tepat adalah c. komite sekolah.

  5. batas minimal peserta program wajib belajar berdasarkan Pasal 34 ayat 1 undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional adalah ...

     a. 5 tahun
     b. 6 tahun
     c. 7 tahun
     d. 8 tahun
     e. tidak ada jawaban yang benar

    pembahasan.
    isi dari pasal 34 ayat 1 undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yaitu setiap warga negara yang berusia enam tahun dapat mengikuti program wajib belajar. jawaban yang tepat adalah b. tahun.

  6. pendidikan Pasraman merupakan salah satu bagian dari pendidikan nasional tepatnya sebagai bentuk dari ...

     a. pendidikan anak usia dini
     b. pendidikan muatan lokal
     c. pendidikan informasi
     d. pendidikan kedinasan
     e. pendidikan keagamaan

    pembahasan.
    dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 30 ayat 4 dijelaskan bahwa pendidikan keagamaan berbentuk pendidikan Diniyah Pesantren Pasraman pabhaja samanera dan bentuk lain yang sejenis. jawaban yang tepat adalah e. pendidikan keagamaan.

  7. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar berkaitan hal tersebut pendidikan anak usia dini yang dapat dikategorikan dalam jalur pendidikan formal adalah ...

     a. TK dan RA
     b. TK dan Keluarga
     c. KB dan TPA
     d. TPA dan RA
     e. TK dan TPA

    pembahasan.
    Pendidikan Anak Usia Dini pada jalur pendidikan formal seperti taman kanak-kanak atau TK Raudhatul Athfal atau RA atau bentuk lain yang sederajat jawabannya tepat adalah a. TK dan RA.

  8. lulusan sekolah yang berkualitas menurut undang-undang sistem pendidikan nasional memiliki indikator ... makro

     a. 5
     b. 8
     c. 9
     d. 11
     e. 15

    pembahasan.
    lulusan sekolah atau madrasah yang berkualitas menurut undang-undang sistem pendidikan nasional akan memiliki 9 indikator makro yaitu beriman bertaqwa berilmu bertanggung jawab sehat cakap kreatif Mandiri demokratis. jawaban yang tepat adalah c. 9.

  9. kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan hal-hal berikut kecuali ...

     a. peningkatan akhlak mulia
     b. peningkatan kualitas tempat belajar
     c. dinamika perkembangan Global
     d. peningkatan potensi peserta didik
     e. tuntutan dunia kerja

    pembahasan.
    kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan; peningkatan iman dan takwa, peningkatan akhlak mulia, peningkatan potensi dan kecerdasan, keragaman potensi daerah dan lingkungan, tuntutan Pembangunan Daerah dan nasional, tuntutan dunia kerja perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agama dinamika, perkembangan Global persatuan nasional, dan nilai-nilai kebangsaan. jawabannya tepat adalah b. peningkatan kualitas tempat belajar.

  10. besar biaya satuan Bantuan Operasional Sekolah yang diterima oleh sekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa dalam hal ini ketentuan biaya yang di terima untuk sekolah menengah pertama adalah ...

     a. Rp.710.000/siswa per tahun
     b. Rp.580.000/siswa per tahun
     c. Rp.670.000/siswa per tahun
     d. Rp.650.000/siswa per tahun
     e. Rp.740.000/siswa per tahun

    pembahasan.
    ketentuan besar biaya satuan bos yang diterima oleh sekolah adalah SD/SLB 580.000 rupiah per siswa per tahun SMP atau SMP LB atau SMPT atau Satap 710000 rupiah per siswa per tahun. jawaban yang tepat adalah a. 710.000 rupiah per siswa per tahun.

70+ Contoh Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Untuk Guru SD.

 

Related Posts

Post a Comment