Soal Tes PPPK (Kompetensi Teknis) dan Pembahasan

Post a Comment

Contoh Soal Tes PPPK Kompetensi Teknis dan Pembahasan Lengkap Tahun 2021

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, serta wawancara. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 berserta kunci jawaban yaitu soal pppk guru honorer untuk guru SD atau PGSD.

Soal PPPK dengan Kompetensi Teknis adalah soal yang mempertanyakan tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan secara spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan seorang guru; pgsd; soal pppk; soal pppk tahun 2021; soal pppk 2020; soal pppk 2021 pdf; soal pppk pedagogik; soal pppk matematika; soal pppk untuk guru sd; soal pppk kompetensi teknis; soal pppk sosiokultural; soal pppk pai; soal pppk bahasa inggris; kisi kisi soal pppk 2021; contoh soal pppk guru sd 2021 soal pppk guru honorer; contoh soal pppk guru sd; contoh soal pppk 2021; soal pppk 2021; contoh soal pppk; soal pppk tahun 2021 pdf; soal soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020; latihan soal pppk online; download soal pppk 2021 pdf; latihan soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020 pdf; soal pppk guru honorer 2019 pdf; soal pppk 2021 dan pembahasan; soal pppk tahun 2021 pdf guru sd; soal pppk pgsd 2021; soal pppk prakarya; soal pppk agama islam; soal pppk agama islam 2021; soal pppk agama kristen; soal pppk agama katolik; soal pppk adalah; soal pppk apa saja; soal pppk agama kristen protestan; soal pppk akuntansi; soal pppk bahasa indonesia; soal pppk biologi; soal pppk bimbingan konseling; soal pppk bahasa indonesia sd; soal pppk beserta jawaban nya; soal pppk bahasa inggris pdf; soal pppk biologi 2021; bank soal pppk; bentuk soal pppk; soal pppk cpns; soal cat pppk; soal cat pppk 2019; simulasi soal cat pppk; kumpulan soal cat pppk; latihan soal cat pppk; contoh latihan soal pppk; contoh soal soal pppk; contoh contoh soal pppk; soal pppk dan pembahasan; soal pppk dari kemendikbud; soal pppk dan pembahasan tahun 2021; soal pppk dan kunci jawaban; soal pppk desain pembelajaran; soal pppk dan pembahasan 2021; soal2 p3k 2021; soalpppk2021; soal2 tes pppk;
Contoh Soal Tes PPPK Kompetensi Teknis Beserta Kunci Jawaban

  1. suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah ini merupakan tujuan dari teori belajar ...

     a. insight
     b. behaviorisme
     c. kognitif
     d. conditioning
     e. conectionism

    pembahasan.
    secara sederhana teori kognitif mengabarkan bahwa belajar adalah aktivitas internal yang terdiri dari beberapa Indonesia seperti pemahaman mengingat mengolah informasi problem solving analisis prediksi dan perasaan. jawabannya tepat adalah c. kognitif.

  2. yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah ...

     a. mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar
     b. mampu bermain dalam kelompok
     c. mudah berkonsentrasi
     d. mampu menjadi pimpinan
     e. peka terhadap teman

    pembahasan.
    kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk menilai dan memahami kebutuhan orang lain dan bertindak sesuai cara mereka mengatur interaksi dengan seseorang beberapa hal yang termasuk kecerdasan interpersonal meliputi mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar mampu bermain dalam kelompok mampu menjadi pimpinan dan bekal terhadap teman. jawaban yang tepat adalah c. mudah berkonsentrasi.

  3. alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan afektif peserta didik adalah ...

     a. tes objektif
     b. tes berupa angket
     c. tes kemampuan gerak
     d. tes kemampuan fungsional atau tubuh
     e. tes psikomotorik anak

    pembahasan.
    alat ukur merupakan suatu alat yang bisa digunakan sebagai landasan untuk melakukan evaluasi pembelajaran tes berupa angket dapat digunakan untuk mengukur kemampuan efektif peserta didik. jawaban yang tepat adalah b. tes berupa angket.

  4. kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut ...

     a. kompetensi dasar
     b. standar kompetensi
     c. indikator
     d. kompetensi lulusan
     e. kecakapan hidup

    pembahasan.
    kecakapan hidup atau lifeskill adalah kemampuan dan pengetahuan seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan secara proaktif Mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasi dengan kemampuan berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain. jawaban yang tepat adalah e. kecakapan hidup.

  5. aspek yang berkaitan dengan perasaan emosi sikap dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu objek peserta didik ...

     a. afektif
     b. kognitif
     c. psikomotorik
     d. emotif
     e. sensitif

    pembahasan.
    Ranah afektif adalah materi yang berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan nilai perasaan semangat minat dan sikap terhadap suatu hal. jawaban yang tepat adalah a. afektif.

  6. kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan ...

     a. standar kompetensi lulusan atau SKL
     b. standar kelulusan
     c. ambang batas minimum lulus
     d. nilai ketuntasan minimal
     e. kriteria ketuntasan minimal atau KKM

    pembahasan.
    salah satu prinsip penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi adalah menggunakan acuan kriteria yakni menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan kelulusan peserta didik kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dinamakan kriteria ketuntasan minimal atau KKM. jawaban yang tepat adalah e. kriteria ketuntasan minimal atau KKM.

  7. Dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut kecuali ...

     a. mendorong peserta didik untuk membuat keputusan sendiri
     b. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
     c. mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan
     d. masukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
     e. menjadi fasilitator Dalam proses pembelajaran

    pembahasan.
    agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap mendorong peserta didik untuk membuat keputusan sendiri mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya menjadi fasilitator Dalam proses pembelajaran. jawabannya tepat adalah b. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.

  8. yang tidak termasuk dalam beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah ...

     a. kompetensi pedagogik
     b. kompetensi kepribadian
     c. Kompetensi profesional
     d. Kompetensi sosial
     e. kompetensi kalian

    pembahasan.
    berikut empat kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional yang pertama Kompetensi profesional kedua kompetensi pedagogik ketiga Kompetensi sosial dan yang ke empat kompetensi kepribadian. jawaban yang tepat adalah e. kompetensi kalian.

  9. berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kecuali ...

     a. memperhatikan perbedaan individu
     b. mendorong partisipasi aktif peserta didik
     c. indikator
     d. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
     e. keterkaitan dan keterpaduan isi dan silabus

    pembahasan.
    Berikut merupakan prinsip-prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) yang pertama memperhatikan perbedaan individu peserta didik yang kedua mendorong partisipasi aktif peserta didik yang ke tiga mengembangkan budaya membaca dan menulis yang ke empat memberikan umpan balik dan tindak lanjut dan yang ke lima menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. jawaban yang tepat adalah e. keterkaitan dan keterpaduan isi dan silabus.

  10. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 20 tahun 2007 tentang ...

     a. standard penilaian pendidikan
     b. standar proses belajar-mengajar
     c. penilaian berbasis kelas
     d. kompetensi
     e. sertifikasi guru

    pembahasan.
    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan penilaian hasil belajar peserta didik Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan berdasarkan standar penilaian pendidikan yang berlaku secara nasional. jawaban yang tepat adalah a. standar penilaian pendidikan.

70+ Contoh Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Untuk Guru SD.

 


Related Posts

Post a Comment