Soal PPPK Kompetensi Teknis dan Pembahasan Lengkap

Post a Comment

Soal PPPK Kompetensi Teknis PGSD dan Pembahasan Lengkap Tahun 2021

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, serta wawancara. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 yaitu soal pppk guru honorer untuk guru SD atau PGSD.

pgsd; soal pppk; soal pppk tahun 2021; soal pppk 2020; soal pppk 2021 pdf; soal pppk pedagogik; soal pppk matematika; soal pppk untuk guru sd; soal pppk kompetensi teknis; soal pppk sosiokultural; soal pppk pai; soal pppk bahasa inggris; kisi kisi soal pppk 2021; contoh soal pppk guru sd 2021 soal pppk guru honorer; contoh soal pppk guru sd; contoh soal pppk 2021; soal pppk 2021; contoh soal pppk; soal pppk tahun 2021 pdf; soal soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020; latihan soal pppk online; download soal pppk 2021 pdf; latihan soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020 pdf; soal pppk guru honorer 2019 pdf; soal pppk 2021 dan pembahasan; soal pppk tahun 2021 pdf guru sd; soal pppk pgsd 2021; soal pppk prakarya; soal pppk agama islam; soal pppk agama islam 2021; soal pppk agama kristen; soal pppk agama katolik; soal pppk adalah; soal pppk apa saja; soal pppk agama kristen protestan; soal pppk akuntansi; soal pppk bahasa indonesia; soal pppk biologi; soal pppk bimbingan konseling; soal pppk bahasa indonesia sd; soal pppk beserta jawaban nya; soal pppk bahasa inggris pdf; soal pppk biologi 2021; bank soal pppk; bentuk soal pppk; soal pppk cpns; soal cat pppk; soal cat pppk 2019; simulasi soal cat pppk; kumpulan soal cat pppk; latihan soal cat pppk; contoh latihan soal pppk; contoh soal soal pppk; contoh contoh soal pppk; soal pppk dan pembahasan; soal pppk dari kemendikbud; soal pppk dan pembahasan tahun 2021; soal pppk dan kunci jawaban; soal pppk desain pembelajaran; soal pppk dan pembahasan 2021; soal2 p3k 2021; soalpppk2021; soal2 tes pppk;
Kumpulan Soal PPPK Kompetensi Teknis PGSD dan Pembahasan Lengkap

  1. kemampuan bahasa anak mulai berkembang pemikiran masih statis belum dapat berpikir abstrak dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...

    a. tahap Sensor motorik
    b. tahap praoperasional
    c. tahap operasional konkrit
    d. tahap pertumbuhan

    pembahasan.
    pemikiran praoperasional dalam teori Piaget adalah prosedur melakukan tindakan secara mental terhadap objek-objek ciri dari tahapan ini adalah operasi mental yang jarang dan secara logika tidak memadai. jawaban yang tepat adalah b. tahap praoperasional.

  2. untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik seorang pendidik dapat melakukan ...

    a. penggunaan materi pelajaran
    b. refleksi
    c. latar belakang peserta didik
    d. tes awal atau pretest

    pembahasan.
    pretest atau tes awal yaitu tes yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Sejauh manakah materi atau bahan pelajaran yang akan diajarkan telah dapat dikuasai oleh siswa. jawabannya tepat adalah d. tes awal atau pretest. 

  3. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah ...

    a. membangun inisiatif individu kemandirian dan peningkatan diri
    b. diskusi dan sharing diantara peserta didik
    c. pembelajaran didominasi arahan dari guru
    d. Proses penyampaian materi secara verbal

    pembahasan.
    model pembelajaran interaktif adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana Guru pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif yakni interaksi antara guru dengan siswa siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dengan menunjang tercapainya tujuan belajar. jawaban yang tepat adalah b. diskusi dan sharing diantara peserta didik.

  4. yang dimaksud dengan penilaian adalah ...

    a. pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
    b. proses yang dilakukan untuk mengambil keputusan berdasarkan evaluasi
    c. membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria
    d. proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

    pembahasan.
    menurut Permendikbud nomor 23 tahun 2016 penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik jawaban yang tepat adalah a. pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

  5. bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang diperoleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas disebut penilaian ...

    a. post test
    b. pre test
    c. autentik
    d. non autentik

    pembahasan.
    penilaian autentik adalah istilah yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. jawaban yang tepat adalah c. autentik.

  6. lingkup penilaian hasil belajar mencakup beberapa kompetensi yaitu ...

    a. kompetensi spiritual kompetensi sikap
    b. kompetensi inti kompetensi dasar
    c. kompetensi sikap spiritual kompetensi sikap sosial kompetensi keterampilan kompetensi pengetahuan
    d. kompetensi sikap sosial

    pembahasan.
    berikut adalah beberapa kompetensi penilaian hasil belajar kompetensi sikap spiritual kompetensi sikap sosial kompetensi keterampilan kompetensi pengetahuan. jawaban yang tepat adalah c.

  7. aspek yang dinilai dalam penilaian terhadap siswa sebagai berikut kecuali ...

    a. pemahaman konsep
    b. menggunakan grafik
    c. melakukan prosedur
    d. pemecahan masalah dan sikap

    pembahasan.
    beberapa aspek kemampuan yang perlu diperhatikan dalam penilaian terhadap siswa adalah Pemahaman konsep prosedur komunikasi penalaran dan pemecahan masalah. jawabannya tepat adalah b. menggunakan grafik.

  8. konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki mencari jawabannya adalah konsep dan strategi ...

    a. discovery learning
    b. induktif learning
    c. inquiry learning
    d. cooperative Learning

    pembahasan.
    model pembelajaran penyingkapan atau penemuan diskoveri atau inquiry learning adalah memahami konsep arti dan hubungan melalui proses intuitif untuk Akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. jawaban yang tepat adalah c. inquiry learning.

  9. teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali ...

    a. teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
    b. teknologi sebagai ilmu pengetahuan
    c. teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran
    d. teknologi sebagai alat pengembangan produk

    pembahasan.
    fungsi utama teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran adalah yang pertama teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran, dua teknologi sebagai ilmu pengetahuan, tiga teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran. jawaban yang tepat adalah d. teknologi sebagai alat pengembangan produk.

  10. upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru ...

    a. contoh penting toleransi
    b. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan di sekitar siswa
    c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
    d. melatih siswa membuat keputusannya diambil berdasarkan informasi

    pembahasan.
    guru berdiskusi dengan siswa untuk membahas permasalahan di sekitar merupakan upaya membimbing siswa untuk mengembangkan pengetahuan. jawaban yang tepat adalah b. mendiskusikan Bagaimana mengubah permasalahan di sekitar siswa.

70+ Contoh Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Untuk Guru SD.

 

 

 

Related Posts

Post a Comment