Soal P3K Guru SD - Kompetensi Teknis dan Pembahasan

Post a Comment

Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru PGSD dan Pembahasan Lengkap Tahun 2021

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, serta wawancara. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 yaitu soal pppk guru honorer untuk guru SD atau PGSD.

pgsd; soal pppk; soal pppk tahun 2021; soal pppk 2020; soal pppk 2021 pdf; soal pppk pedagogik; soal pppk matematika; soal pppk untuk guru sd; soal pppk kompetensi teknis; soal pppk sosiokultural; soal pppk pai; soal pppk bahasa inggris; kisi kisi soal pppk 2021; contoh soal pppk guru sd 2021 soal pppk guru honorer; contoh soal pppk guru sd; contoh soal pppk 2021; soal pppk 2021; contoh soal pppk; soal pppk tahun 2021 pdf; soal soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020; latihan soal pppk online; download soal pppk 2021 pdf; latihan soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020 pdf; soal pppk guru honorer 2019 pdf; soal pppk 2021 dan pembahasan; soal pppk tahun 2021 pdf guru sd; soal pppk pgsd 2021; soal pppk prakarya; soal pppk agama islam; soal pppk agama islam 2021; soal pppk agama kristen; soal pppk agama katolik; soal pppk adalah; soal pppk apa saja; soal pppk agama kristen protestan; soal pppk akuntansi; soal pppk bahasa indonesia; soal pppk biologi; soal pppk bimbingan konseling; soal pppk bahasa indonesia sd; soal pppk beserta jawaban nya; soal pppk bahasa inggris pdf; soal pppk biologi 2021; bank soal pppk; bentuk soal pppk; soal pppk cpns; soal cat pppk; soal cat pppk 2019; simulasi soal cat pppk; kumpulan soal cat pppk; latihan soal cat pppk; contoh latihan soal pppk; contoh soal soal pppk; contoh contoh soal pppk; soal pppk dan pembahasan; soal pppk dari kemendikbud; soal pppk dan pembahasan tahun 2021; soal pppk dan kunci jawaban; soal pppk desain pembelajaran; soal pppk dan pembahasan 2021; soal2 p3k 2021; soalpppk2021; soal2 tes pppk;
Latihan Soal P3K Kompetensi Teknis PGSD dan Pembahasan Lengkap

  1. metamorfosis adalah suatu proses perkembangan Biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan dibawah ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu ...

    a. belalang
    b. nyamuk
    c. lalat
    d. semut

    pembahasan.
    belalang adalah serangga yang tidak mengalami metamorfosis karena tidak ada perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. jawaban yang tepat adalah a. belalang.

  2. katak mengalami metamorfosis sempurna dalam perkembangannya pada masa Berudu bernafas menggunakan  ...

    a. trakhea
    b. paru-paru
    c. insang
    d. kulit

    pembahasan.
    berudu adalah bentuk Larva dari katak yang merupakan salah satu anggota dari classic amphibia karena hidupnya di air maka Berudu bernafas menggunakan insang. jawaban yang tepat adalah c. insang.

  3. untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya adalah dengan melakukan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan ...

    a. memperindah susunan kota
    b. menjaga tanah dan mencegah erosi
    c. memperoleh kayu yang berlimpah
    d. meningkatkan pendapatan

    pembahasan.
    Reboisasi adalah melakukan penghijauan kembali agar alam menjadi hijau dan biasanya dilakukan di hutan yang sudah menjadi gundul agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya dengan tujuan menjaga tanah dan mencegah erosi. jawaban yang tepat adalah b. menjaga tanah dan mencegah erosi.

  4. limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan Sampah kering hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah ...

    a. dibakar habis
    b. didaur ulang
    c. dikubur di dalam tanah
    d. dibiarkan ditempat terbuka

    pembahasan.
    hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah dengan didaur ulang karena sampah yang kering jadi lebih mudah untuk mendaur ulang. jawabannya tepat adalah b. didaur ulang.

  5. ikan lele memiliki ciri khusus berupa misai di bibir atas dan bibir bawah yang berfungsi untuk ...

    a. menyerap gas O2
    b. mengenali mangsa
    c. mengetahui tekanan air
    d. memudahkan bergerak di lumpur

    pembahasan.
    fungsi dari misai lele yaitu sebagai alat peraba saat lele bergerak atau ketika mencari makan sehingga dengan misai yang didalamnya ada indera pengecapnya ini lele mampu mengenali mangsanya walaupun mangsanya itu bersembunyi di dalam ataupun di dasar Sungai berlumpur. jawaban yang tepat adalah b. mengenali mangsa.

  6. tanaman Lotus hidup di air ciri khusus yang dimiliki tanaman tersebut adalah ...

    a. bunganya mengeluarkan bau busuk
    b. akarnya tunggang dan panjang
    c. daunnya lebar dan tipis
    d. batangnya berkayu

    pembahasan.
    Lotus memiliki ciri-ciri mempunyai batang berongga yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan oksigen untuk bernafas dan memudahkannya mengapung di air daunnya berbentuk oval lebar dan tipis tangkai terdapat di tengah-tengah daun yang berfungsi menjaga keseimbangan. jawaban yang tepat adalah c. daunnya lebar dan tipis.

  7. ada orang yang kurang mampu membedakan warna, ketidakmampuan mata dalam membedakan warna disebut ...

    a. astigmatisme
    b. katarak
    c. buta warna
    d. miopi

    pembahasan.
    buta warna merupakan kondisi dimana penderitanya mengalami kesulitan membedakan warna tertentu, buta warna sebagian atau bahkan keseluruhan warna buta warna total. jawaban yang tepat adalah c. buta warna.

  8. pemberantasan hama secara biologi menggunakan ...

    a. sinar radioaktif yang sangat mematikan
    b. hewan pemangsa hama tersebut
    c. hewan yang bersimbiosis mutualisme dengan hebat tersebut
    d. hewannya tidak memakan nama tersebut

    pembahasan.
    pengendalian hama secara biologis dilakukan dengan menggunakan Predator dan parasit alami hama tersebut. tujuan pengendalian hama biologis adalah mengeliminasi hama dengan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia yang sedikit mungkin. jawaban yang tepat adalah b. hewan pemangsa hama tersebut.

  9. cara bercocok tanam untuk daerah yang memiliki lahan sangat sempit menggunakan sistem ...

    a. kultur pasir
    b. kultur air
    c. hidroponik
    d. intensifikasi

    pembahasan.
    hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah hidroponik menggunakan air yang lebih efisien jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas dan memiliki lahannya sempit. jawaban yang tepat adalah c. hidroponik.

  10. minuman yoghurt dibuat dari ...

    a. susu yang difermentasi sehingga mengandung alkohol
    b. anggur yang diawetkan
    c. susu yang dipadatkan
    d. susu yang diasamkan dengan bantuan bakteri tertentu

    pembahasan.
    minuman yoghurt dibuat dari susu yang diasamkan mikroorganisme susu yang digunakan adalah susu berkadar lemak rendah melalui fermentasi bakteri. jawaban yang tepat adalah d. susu yang diasamkan dengan bantuan bakteri tertentu.

70+ Contoh Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Untuk Guru SD.

 

Related Posts

Post a Comment