Soal PPPK PGSD - Kompetensi Teknis dan Pembahasan Lengkap

Post a Comment

Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru SD dan Pembahasan Lengkap Tahun 2021

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, serta wawancara. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 yaitu soal pppk guru honorer untuk guru SD atau PGSD.

pgsd; soal pppk; soal pppk tahun 2021; soal pppk 2020; soal pppk 2021 pdf; soal pppk pedagogik; soal pppk matematika; soal pppk untuk guru sd; soal pppk kompetensi teknis; soal pppk sosiokultural; soal pppk pai; soal pppk bahasa inggris; kisi kisi soal pppk 2021; contoh soal pppk guru sd 2021 soal pppk guru honorer; contoh soal pppk guru sd; contoh soal pppk 2021; soal pppk 2021; contoh soal pppk; soal pppk tahun 2021 pdf; soal soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020; latihan soal pppk online; download soal pppk 2021 pdf; latihan soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020 pdf; soal pppk guru honorer 2019 pdf; soal pppk 2021 dan pembahasan; soal pppk tahun 2021 pdf guru sd; soal pppk pgsd 2021; soal pppk prakarya; soal pppk agama islam; soal pppk agama islam 2021; soal pppk agama kristen; soal pppk agama katolik; soal pppk adalah; soal pppk apa saja; soal pppk agama kristen protestan; soal pppk akuntansi; soal pppk bahasa indonesia; soal pppk biologi; soal pppk bimbingan konseling; soal pppk bahasa indonesia sd; soal pppk beserta jawaban nya; soal pppk bahasa inggris pdf; soal pppk biologi 2021; bank soal pppk; bentuk soal pppk; soal pppk cpns; soal cat pppk; soal cat pppk 2019; simulasi soal cat pppk; kumpulan soal cat pppk; latihan soal cat pppk; contoh latihan soal pppk; contoh soal soal pppk; contoh contoh soal pppk; soal pppk dan pembahasan; soal pppk dari kemendikbud; soal pppk dan pembahasan tahun 2021; soal pppk dan kunci jawaban; soal pppk desain pembelajaran; soal pppk dan pembahasan 2021; soal2 p3k 2021; soalpppk2021; soal2 tes pppk;
Soal PPPK PGSD - Kompetensi Teknis dan Pembahasan Lengkap

  1. untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah bahasa Indonesia Hal tersebut merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai ...

    a. alat Perhubungan tingkat nasional
    b. alat pengeboran kebudayaan dan IPTEK nasional
    c. bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
    d. bahasa pengantar di lembaga pendidikan

    pembahasan.
    karena berada dalam konteks pendidikan maka bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan. jawaban yang tepat adalah d. bahasa pengantar di lembaga pendidikan.

  2. menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa karena ...

    a. penyebabnya sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
    b. menyimak sambil melakukan aktivitas lain mampu menanggapi secara cepat
    c. membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
    d. menyimak sambil menyanyi ternyata dapat menanggapi secara tepat

    pembahasan.
    menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang instan dengan penuh perhatian pemahaman apresiasi serta interpretasi untuk memperoleh informasi menangkap isi serta memahami makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. jawabannya tepat adalah b. menyimak sambil melakukan aktivitas lain mampu menanggapi secara tepat.

  3. dalam pembelajaran membaca permulaan ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali ...

    a. metode kupas rangkai suku kata
    b. metode kata lembaga
    c. metode SAS
    d. metode cerita

    pembahasan.
    yang bukan dalam pembelajaran membaca pemula adalah metode cerita karena metode cerita kurang tepat atau sulit digunakan untuk pembelajaran membaca permulaan. jawaban yang tepat adalah d. metode cerita.

  4. hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni ...

    a. mengalami kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya
    b. pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya
    c. pengalaman kemanusiaan dalam segala hal
    d. pengalaman kepada Sian dalam segala aspek kehidupan

    pembahasan.
    substansi karya sastra apapun bentuknya tetap sama ya Ini pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya pengenalan terhadap ciri-ciri Bentuk sastra ini memudahkan proses pemahaman terhadap maknanya demikian pula komponen-komponen yang turut membangun karya sastra tersebut. jawaban yang tepat adalah a. pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.

  5. sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis yaitu ...

    a. puisi prosa sajak
    b. puisi pantun drama
    c. puisi prosa drama
    d. puisi drama sajak

    pembahasan.
    jenis-jenis karya sastra Indonesia : puisi, novel, cerita pendek, drama, Roman, prosa. jawaban yang tepat adalah c. puisi drama.

  6. mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik Pernyataan tersebut adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...

    a. sejarah memberikan kesenangan dan kegembiraan
    b. sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
    c. sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
    d. sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau

    pembahasan.
    sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa dengan mempelajari sejarah setiap masyarakat akan menjadi lebih baik. jawaban yang tepat adalah b. sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa.

  7. Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi ...

    a. menempatkan manusia sebagai subjek dan objek dalam kajiannya
    b. keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku
    c. terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
    d. berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya

    pembahasan.
    hubungan antara sejarah dan antropologi dilihat karena keduanya mempunyai persamaan yang menempatkan manusia sebagai subjek dan objek dalam kajiannya. jawaban yang tepat adalah a. menempatkan manusia sebagai subjek dan objek dalam kajiannya.

  8. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beranekaragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang negara Garuda Pancasila kedua hal tersebut diatur dalam undang-undang negara nomor ...

    a. undang-undang Nomor 15 tahun 2006
    b. undang-undang Nomor 17 tahun 2006
    c. undang-undang Nomor 24 Tahun 2009
    d. undang-undang nomor 38 tahun 2009

    pembahasan.
    undang-undang nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera bahasa dan lembaga negara serta lagu kebangsaan disahkan pada 9-7-2009. jawaban yang tepat adalah c. undang-undang Nomor 24 Tahun 2009.

  9. lingkungan di sekitar kita terbagi atas dua macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan dimana keduanya memiliki manfaat dan tujuannya sama yaitu ...

    a. untuk memenuhi kebutuhan manusia
    b. melestarikan lingkungan masyarakat
    c. sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
    d. sebagai sumber kekayaan alam

    pembahasan.
    manfaat dan tujuan dari lingkungan alam dan lingkungan buatan adalah sama-sama untuk memenuhi kebutuhan manusia. jawaban yang tepat adalah a. untuk memenuhi kebutuhan manusia.

  10. sudut antara jarum kompas dengan arah utara sebenarnya disebut ...

    a. inklinasi
    b. deklinasi
    c. kutu
    d. bumi

    pembahasan.
    sudut deklinasi adalah sudut penyimpangan yang dibentuk antara jarum magnet utara-selatan dengan arah utara selatan yang sebenarnya. jawaban yang tepat adalah b. deklinasi.

70+ Contoh Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Untuk Guru SD.

 

Related Posts

Post a Comment