Soal P3K PGSD Kompetensi Teknis Beserta Pembahasan

Post a Comment

Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru SD dan Pembahasan Lengkap Tahun 2021

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, serta wawancara. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 yaitu soal pppk guru honorer untuk guru SD atau PGSD.

pgsd; soal pppk; soal pppk tahun 2021; soal pppk 2020; soal pppk 2021 pdf; soal pppk pedagogik; soal pppk matematika; soal pppk untuk guru sd; soal pppk kompetensi teknis; soal pppk sosiokultural; soal pppk pai; soal pppk bahasa inggris; kisi kisi soal pppk 2021; contoh soal pppk guru sd 2021 soal pppk guru honorer; contoh soal pppk guru sd; contoh soal pppk 2021; soal pppk 2021; contoh soal pppk; soal pppk tahun 2021 pdf; soal soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020; latihan soal pppk online; download soal pppk 2021 pdf; latihan soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020 pdf; soal pppk guru honorer 2019 pdf; soal pppk 2021 dan pembahasan; soal pppk tahun 2021 pdf guru sd; soal pppk pgsd 2021; soal pppk prakarya; soal pppk agama islam; soal pppk agama islam 2021; soal pppk agama kristen; soal pppk agama katolik; soal pppk adalah; soal pppk apa saja; soal pppk agama kristen protestan; soal pppk akuntansi; soal pppk bahasa indonesia; soal pppk biologi; soal pppk bimbingan konseling; soal pppk bahasa indonesia sd; soal pppk beserta jawaban nya; soal pppk bahasa inggris pdf; soal pppk biologi 2021; bank soal pppk; bentuk soal pppk; soal pppk cpns; soal cat pppk; soal cat pppk 2019; simulasi soal cat pppk; kumpulan soal cat pppk; latihan soal cat pppk; contoh latihan soal pppk; contoh soal soal pppk; contoh contoh soal pppk; soal pppk dan pembahasan; soal pppk dari kemendikbud; soal pppk dan pembahasan tahun 2021; soal pppk dan kunci jawaban; soal pppk desain pembelajaran; soal pppk dan pembahasan 2021; soal2 p3k 2021; soalpppk2021; soal2 tes pppk;
Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis PGSD dan Pembahasan Lengkap

  1. Berikut ini adalah jenis jamur yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan kecuali ...

    a. jamur kuping
    b. jamur tiram
    c. jamur sarang burung
    d. jamur payung

    pembahasan.
    jamur sarang burung ini tidak langsung dijadikan sebagai sumber pangan karena terlalu keras dan kecil belum pernah ditemukan dalam catatan bahan makanan atau bahkan tidak ditemukan dalam resep makanan masakan manapun. jawaban yang tepat adalah c. jamur sarang burung.

  2. pada siang hari yang panas kerbau senang berkubang pada air berlumpur kesenangan kerbau tersebut termasuk ...

    a. penyelewengan diri terhadap air
    b. penyesuaian diri secara morfologi
    c. penyesuaian diri secara fisiologi
    d. penyesuaian diri secara tingkah laku

    pembahasan.
    adaptasi tingkah laku adalah kegiatan atau tingkah laku hewan yang menyesuaikan dengan kondisi lingkungan untuk membantunya bertahan hidup adaptasi tingkah laku bisa berupa hasil belajar ataupun insting atau naluri sejak lahir. jawaban yang tepat adalah d. penyesuaian diri secara tingkah laku.

  3. gangguan mata yang tidak bisa melihat benda dekat dengan jelas adalah ...

    a. miopi
    b. presbiopi
    c. hipermiopi
    d. hipermetropi

    pembahasan.
    rabun dekat atau Hipermetropi adalah gangguan penglihatan jarak dekat jawabannya tepat adalah d. hipermetropi.

  4. Membran timpani yang menangkap getaran suara terdapat dibagian ...

    a. telinga luar
    b. telinga tengah
    c. telinga dalam
    d. saluran eustachius

    pembahasan
    gendang telinga berada dalam bagian telinga luar, telinga luar dibagi menjadi tiga yaitu daun telinga rongga telinga dan gendang telinga atau membran timpani. jawaban yang tepat adalah a. telinga luar.

  5. Berikut ini merupakan fungsi kulit kecuali ...

    a. sebagai indra peraba
    b. sebagai alat pengeluaran
    c. sebagai alat pengatur suhu tubuh
    d. sebagai pembuat sel darah merah

    pembahasan.
    kulit memiliki beberapa fungsi; sebagai alat pengeluaran berupa kelenjar keringat sebagai indra peraba sebagai pelindung organ dibawahnya tempat dibuatnya vitamin D dengan bantuan sinar matahari pengatur dan penyeimbang suhu tubuh tempat menimbun lemak. jawabannya tepat adalah d. sebagai pembuat sel darah merah.

  6. fungsi umum jaringan saraf pada manusia adalah ...

    a. penyaluran sangat dari luar ke pusat saraf
    b. pengantar dan penghambat rangsangan dari luar
    c. koordinasi alat-alat tubuh pusat kesadaran kemauan dan pikiran
    d. pusat kesadaran dan pengaturan rangsangan dari luar

    pembahasan.
    fungsi umum jaringan saraf adalah mengolah rangsangan yang diterima tubuh dan memberikan tanggapan pada rangsang tersebut. jawaban yang tepat adalah d. pusat kesadaran dan pengaturan rangsangan dari luar.

  7. revolusi planet terjadi karena ...

    a. planet termasuk benda gelap
    b. planet letaknya jauh dari bumi
    c. adanya gravitasi matahari
    d. planet merupakan benda langit

    pembahasan.
    gaya gravitasi matahari menarik planet-planet di sekitar sehingga terjadilah revolusi sebuah planet. jawaban yang tepat adalah c. adanya gravitasi matahari.

  8. matahari dianggap pusat tata surya karena ...

    a. tidak mengalami gerak rotasi
    b. ukurannya paling besar
    c. berwujud gas
    d. letaknya ditengah

    pembahasan.
    karena ukurannya yang besar inilah sehingga matahari memiliki gravitasi yang besar pula ia mampu menarik benda langit yang lebih kecil untuk berotasi mengelilingi nya sesuai dengan orbitnya masing-masing. jawabannya tepat adalah b. ukurannya paling besar.

  9. bedah langit yang disebut bintang berekor adalah ...

    a. meteor
    b. planetoid
    c. komet
    d. satelit

    pembahasan.
    komet sering juga disebut dengan bintang berekor komet merupakan benda angkasa seperti lapisan batu yang terlihat mempunyai cahaya dikarenakan adanya gesekan gesekan atom diudara. jawabannya tepat adalah c. komet.

  10. tumbuhan kaktus berdaun kecil sebab ...

    a. memperkecil terjadinya penguapan
    b. memperkecil pengambilan CO2 dari udara
    c. memperkecil respirasi
    d. pertukaran O2 dengan co2 menjadi lancar

    pembahasan.
    daun kaktus kecil-kecil Karena untuk mengurangi penguapan sebab daerah tempat tinggalnya di gurun yang panas dan jarang terjadi hujan. jawaban yang tepat adalah a. memperkecil terjadinya penguapan.

70+ Contoh Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Untuk Guru SD.

 

Related Posts

Post a Comment