Contoh Soal Kompetensi Manajerial & Pembahasan

Post a Comment

Contoh Soal PPPK Kompetensi Manajerial Beserta Pembahasan Tahun 2021

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal pppk tahun 2021, dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru serta non guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, soal pppk manajerial, serta wawancara. Seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahun ini dapat di ikuti oleh guru negeri yang terdata di dapodik, guru swasta, lulusan ppg, serta pelaksana teknis lapangan lainnya. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 berserta kunci jawaban dan pemabahasan lengkap.

soal pppk; soal pppk tahun 2021; soal pppk tahun 2021 pdf; soal pppk kompetensi teknis; soal pppk manajerial; soal pppk matematika; soal pppk pgsd; soal pppk untuk guru sd; soal pppk teknis; soal pppk guru sd tahun 2021; soal pppk prakarya; kisi kisi soal pppk 2021; contoh soal pppk guru sd 2021; soal pppk guru honorer; soal pppk 2020; contoh soal pppk guru sd; contoh soal pppk 2021; soal pppk 2021; contoh soal pppk; soal soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020; latihan soal pppk online; download soal pppk 2021 pdf; latihan soal pppk 2021; soal pppk guru honorer 2020 pdf; soal pppk guru honorer 2019 pdf; soal pppk 2021 pdf; soal pppk 2021 dan pembahasan; buku pppk; buku tes pppk; soal2 tes pppk; kompetensi manajerial; kompetensi manajerial guru; soal kompetensi manajerial guru pdf; soal kompetensi manajerial guru; soal kompetensi manajerial guru sd; soal kompetensi manajerial p3k 2021; soal kompetensi manajerial pdf; soal kompetensi manajerial kepala sekolah; soal kompetensi manajerial pppk 2021; soal kompetensi manajerial pppk guru; soal kompetensi manajerial p3k; contoh soal kompetensi manajerial asn; soal-soal kompetensi manajerial; soal uji kompetensi manajerial; latihan soal kompetensi manajerial; contoh soal kompetensi manajerial; soal kompetensi manajerial; soal kompetensi manajerial integritas; contoh soal kompetensi manajerial polri; soal kompetensi manajerial polri; contoh soal kompetensi manajerial guru; contoh soal kompetensi manajerial polri pdf; soal kompetensi manajerial sosio kultural; contoh soal kompetensi manajerial p3k; contoh soal kompetensi manajerial kemenkumham; contoh soal kompetensi manajerial kepala sekolah.
Contoh Soal Kompetensi Manajerial & Pembahasan

  1. Planning, Organizing, Motivating, Controlling, Evaluating merupakan fungsi manajemen menurut ...

     a. Sondang P. Siagian
     b. Henry Fayol
     c. M.GuIlick
     d. Harlod Koontz
     e. George R. Terry

    pembahasan.
    Sondang P. Siagian (1985), membagi fungsi-fungsi manajemen atas:
    Perencanaan (planning)
    Pengorganisasian (Organizing)
    Pemberian motivasi ( motivating )
    Pengawasan (controlling)
    Penilaian (evaluating)
    Jawaban: A.

  2. Jabatan Presiden Direksi dalam perusahanaan termasuk dalam tingkatan ...

     a. Semua level manajemen
     b. Dewan komisaris
     c. Manajemen menengah
     d. Manajemen puncak
     e. Manajemen tingkat bawah

    pembahasan.
    Tingkat manajemen puncak memiliki hal penuh untuk mengangkat, memilih, serta memberhentikan manajemen lain yang berada dibawahnya. Beberapa contoh sebutan tingkat manajemen puncak adalah GM (General Manager), CEO (Chief Executive Officer) dan Presediratau Presiden Direksi.
    Jawaban: D.

  3. Keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain disebut ...

     a. Comunication
     b. Konseptual
     c. Teknis
     d. Simpati
     e. Interpersonal

    pembahasan.
    Secara teori definisi interpersonal skill adalah keahlian yang dimiliki seorang individu untuk berelasi dan berinteraksi dengan sesama, hal ini berlaku baik untuk masyarakat maupun individu.
    Jawaban: E.

  4. Menentukan sumber dana yang diperlukan, mengalokasikan sumber keuangan yang ada pada segala aktivitas perusahaan atau penyusunan anggaran pengeluaran, dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan pemanfaatan keuangan, merupakan langkah yang ditempuh oleh manajemen ...

     a. Personalia
     b. Produksi
     c. Keuangan
     d. Pemasaran
     e. Administrasi

    pembahasan.
    Fungsi utama dari seorang manajer keuangan yaitu merencanakan, mencari serta dapat memanfaatkan dana dengan berbagai cara dalam memaksimalkan daya guna dari operasi perusahaan. Tentunya hal tersebut membutuhkan pengetahuan akan pasar uang serta dari mana modal akan di peroleh dan bagaimana keputusan yang tepat di bidang keuangan harus dibuat.
    Jawaban: C.

  5. Tingkat manajemen yang bertugas memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional adalah ...

     a. Organizing
     b. Top management
     c. Lower management
     d. Middle management
     e. Personalia

    pembahasan.
    Manajemen lini pertama (low Level Management) adalah tingkatan manajemen yang paling rendah dalam sebuah perusahaan. Manajemen ini bertugas untuk memimpin dan mengawasi kinerja tenaga operasional.
    Jawaban: C.

  6. Salah satu tugas dari Manajemen puncak adalah ...

     a. Bertanggung jawab pada lower management
     b. Menetapkan kebijakan operasional
     c. Melakukan semua pekerjaan tingkat operasional
     d. Mengawasi para pekerja
     e. Bertanggung jawab pada Middle Management

    pembahasan.
    Tugas manajemen tingkat puncak adalah membuat rencana jangka panjang, menetapkan tujuan dan misi organisasi, serta strategi yang digunakan. Manajemen puncak juga harus dapat mengembangkan semua rencana yang telah dibuat dan mengadakan hubungan dengan pihak luar.
    Jawaban: B.

  7. Prinsip "the right man on the right place" yang digunakan dalam menetapkan seseorang untuk menempati suatu jabatan dalam organisasi merupakan pelaksanaan dari fungsi ...

     a. Controlling
     b. Planning
     c. Organizing
     d. Actuating
     e. Motivating

    pembahasan.
    the right man on the right place" merupkakan salah satu kebaikan dari Organisasi garis dan staf pada organisasi fungsional.
    Jawaban : C.

  8. Pemimpin yang mengambil keputusan tanpa melibatkan bawahan disebut ...

     a. Adil
     b. Otoriter
     c. Bebas
     d. Demokratis
     e. Personal

    pembahasan.
    Tipe pemimpin otoriter umumnya terpusat pada bos yang menjadi pemegang kekuasaan tertinggi. Mulai dari peraturan, prosedur, maupun membuat keputusan akan didominasi oleh pihak tertentu. Sehingga orang yang bekerja dalam naungannya, harus mengikuti dan menjalankan perintah.
    Jawaban: B.

  9. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer adalah ...

     a. Perencanaan, organisasi dan evaluasi
     b. formal, informal dan teksnis
     c. Konseptual, formal dan teknis
     d. Formal, teknis dan manajerial
     e. Konseptual, Kemanusian dan teknis

    pembahasan.
    Menurut Robert L. Katz, seorang Manajer yang sukses wajib memiliki 3 Keterampilan Manajemen Dasar yaitu Keterampilan Konseptual, Keterampilan berhubungan dengan orang lain (kemanusiaan) dan Keterampilan Teknis.
    Jawaban: E.

  10. Dapat menjalani hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas. Merupakan manfaat ...

     a. Coordinating
     b. Planning
     c. Organizing
     d. Actuating
     e. Controlling

    pembahasan.
    Coordinating (pengkoordinasian), merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
    Jawaban: A.

40+ Contoh Tes PPPK Kompetensi Manajerial & Pembahasan.

 

Related Posts

Post a Comment