Kumpulan Soal Pedagogik Tes PPPK + Jawabannya

Post a Comment

Contoh Soal Pedagogik Seleksi PPPK Lengkap Beserta Pembahasan

Berikut ini kumpulan contoh latihan soal pppk tahun 2021, dalam rangka seleksi PPPK tahun 2021 untuk guru serta non guru. Dalam seleksi PPPK meliputi beberapa soal yang di ujikan yaitu, soal pppk pedagogik, soal pppk kompetensi teknis, soal pppk sosiokultural, soal pppk manajerial, serta wawancara. Seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahun ini dapat di ikuti oleh guru negeri yang terdata di dapodik, guru swasta, lulusan ppg, serta pelaksana teknis lapangan lainnya. di bawah ini merupakan soal berdasarkan kisi kisi soal pppk 2021 berserta kunci jawaban dan pemabahasan lengkap.

soal pedagogik; soal pedagogik p3k; soal pedagogik pppk 2021; soal pedagogik pdf; soal pedagogik p3k 2021; soal pedagogik p3k pdf; soal pedagogik ppg; soal pedagogik pppk; soal pedagogik p3k dan kunci jawaban; soal pedagogik adalah; soal pedagogik agama islam; soal pedagogik akg; soal pedagogik agama katolik; soal pedagogik ukg 2020; soal pedagogik ukg mts; soal ukg pedagogik mi; soal pedagogik ukg mts 2020; soal pedagogik bahasa inggris; soal pedagogik bahasa inggris SMP; soal pedagogik bahasa indonesia; soal pedagogik bimbingan konseling; soal pedagogik beserta jawabannya; soal pedagogik bahasa inggris sma; soal pedagogik bahasa indonesia sma; soal pedagogik bk sma; bank soal pedagogik; pembahasan soal pedagogik; soal pedagogik sd; soal pedagogik online; contoh soal pedagogik; contoh soal-soal pedagogik; soal pedagogi;
Soal Pedagogik Seleksi PPPK Lengkap Beserta Pembahasan

Soal PPPK Lainnya

Soal PPPK Pedagogik

Berikut contoh soal Pedagogik dalam seleksi PPPK Tahun 2021.

  1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

     a. kemampuan berkomunikasi
     b. Kemampuan untuk memecahkan masalah
     c. kemampuan berinteraksi
     d. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

    pembahasan.

    Jawaban : B

  2. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia..

     a. 0 - 2 tahun
     b. 2 -- 7 tahun
     c. 7 -- 11/12 tahun
     d. 11/12/ -- 14/15 tahun

    pembahasan.

    Jawaban : C

  3. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan..

     a. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
     b. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya(sensomotor)
     c. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
     d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

    pembahasan.

    Jawaban : A

  4. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

     a. Kognitif
     b. Sosial
     c. Emosional
     d. moral

    pembahasan.

    Jawaban : C

  5. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan..

     a. sosial-emosional
     b. kognitif
     c. moral
     d. spiritual

    pembahasan.

    Jawaban : A

  6. Hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

     a. Behaviorisme
     b. Humanistik
     c. Sibernetik
     d. Kontruktivisme

    pembahasan.

    Jawaban: A.

  7. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan..

     a. sosial-emosional
     b. kognitif
     c. moral
     d. spiritual

    pembahasan.

    Jawaban: A.

  8. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

     a. mengemukakan gagasan
     b. mengaktualisasikan diri
     c. penciptaan hubungan yang baik
     d. menformulasikan tindakan

    pembahasan.

    Jawaban: C.

  9. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

     a. intelegensi dan kognitif
     b. budaya dan pembiasaan
     c. keluarga dan lingkungan masyarakat
     d. emosional dan kepribadian

    pembahasan.

    Jawaban: C.

  10. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

     a. kemampuan kognitif
     b. kemampuan interaksional
     c. kemampuan integrasi diri
     d. kemampuan komunikatif

    pembahasan.

    Jawaban: A.

40+ Contoh Tes PPPK Kompetensi Manajerial & Pembahasan.


Related Posts

Post a Comment