Makalah Ilmu Pendidikan "Sistem Pendidikan Indonesia"

Post a Comment

Makalah Sistem Pendidikan di Indonesia

Berikut ini merupakan makalah Sistem pendidikan di Indonesia yang di bahas dalam mata kuliah Ilmu Pendidikan. Makalah ini admin share semoga bisa menjadi referensi kepada teman teman dalam menempuh pendidikan.

pendidikan indonesia; pendidikan indonesia saat ini; pendidikan indonesia di mata dunia; pendidikan indonesia nomor berapa di dunia; pendidikan indonesia adalah; pendidikan indonesia tertinggal berapa tahun; pendidikan indonesia tertinggal 128 tahun; pendidikan indonesia di masa pandemi; pendidikan indonesia saat ini 2021; pendidikan indonesia berada di peringkat; universitas pendidikan indonesia; bapak pendidikan indonesia adalah; tokoh pendidikan indonesia; bapak pendidikan indonesia; menteri pendidikan indonesia; beasiswa pendidikan indonesia; siapakah bapak pendidikan indonesia; institut pendidikan indonesia; sistem pendidikan indonesia; jurusan universitas pendidikan indonesia; pahlawan pendidikan indonesia; universitas pendidikan indonesia bandung; jurnal pendidikan indonesia; lms institut pendidikan indonesia; sejarah pendidikan indonesia; univ pendidikan indonesia; film pendidikan indonesia; sistem pendidikan; pendidikan di indonesia; sistem pendidikan di indonesia; sistem pendidikan nasional; masalah pendidikan di indonesia; permasalahan pendidikan di indonesia; negara dengan pendidikan terbaik; perkembangan kurikulum di indonesia; pendidikan terbaik di dunia; penjaminan mutu pendidikan; tingkat pendidikan di indonesia;

1.1 Latar Belakang

Pendidikan di Indonesia adalah seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud), dahulu bernama Departemen Pendidikan Indonesia Republik Indonesia (Depdiknas). Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan tiga tahun di sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia.

Telah menjadi amanat pembukaan UUD 1945, bahwa pemerintah wajib menyediakan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem pendidikan yang mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sistem tersebut adalah sistem pendidikan indonesia.

Selain itu pendidikan merupakan hak setiap manusia di dunia karena pada dasarnya pendidikan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Di indonesia, hak manusia untuk memperoleh pendidikan dicantumkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 yang berbunyi pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara. Undang-Undang Dasar 1945 secara jelas menunjukkan bahwa negara mempunyai kewajiban dan bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tiap-tiap warga negara.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian dari sistem pendidikan ?
  2. Bagaimana deskripsi Sistem Pendidikan Indonesia ?
  3. Bagaimana perkembangan sistem pendidikan di indonesia ?
  4. Bagaimana implementasi sistem pendidikan Indonesia ?
  5. Bagaimana masalah yang terjadi terhadap Sistem Pendidikan Indonesia dan solusinya?

 1.3 Pembahasan.

Untuk lebih lengkapnya teman teman bisa unduh makalah ini pada tautan link berikut ini.

Download Makalah Sistem Pendidikan di Indonesia


Related Posts

Post a Comment