5 Teknik Membaca Agar Paham dengan Cepat

Post a Comment

Teknik Membaca Cepat

Teknik Membaca - dalam membaca sebuah buku atau teks, teknik membaca cepat sangatlah diperlukan agar kita dapat memahami isi dari bacaan secara efektif. ada banyak jenis teknik membaca. berikut ini merupakan beberapa teknik yang dapat di terapkan dalam membaca.

teknik membaca ; teknik membaca cepat ; teknik membaca yang biasa dilakukan untuk membaca kamus adalah ; teknik membaca puisi ; teknik membaca skimming ; teknik membaca scanning ; teknik membaca satu candlestick ; teknik membaca sq3r ; teknik membaca pidato ; teknik membaca berita ; teknik membaca naskah pidato yang tidak tepat adalah ; membaca scanning merupakan teknik membaca ; sebutkan dua macam teknik membaca cepat ; teknik membaca yang digunakan untuk menemukan gagasan utama adalah teknik ; mencari ide pokok dapat dilakukan dengan teknik membaca ; teknik membaca dengan cara membaca bagian yang penting penting saja disebut ; teknik membaca memindai adalah ; teknik membaca memindai digunakan untuk mendapatkan informasi secara lebih ; teknik membaca untuk mengetahui makna bacaan adalah membaca ; teknik membaca dengan memfokuskan pikiran terhadap suatu bacaan disebut teknik membaca ; apa yang dimaksud dengan teknik membaca memindai ; teknik membaca puisi tanpa menggunakan teks puisi disebut ; teknik membaca sekilas dan cepat namun teliti disebut ; membaca cepat ; membaca skimming adalah ; cara membaca cepat ;
Teknik Membaca Buku Dengan Cepat

Teknik Membaca

Mengutip dari :Ad Rooijakkers (1987) Cara Belajar di Perguruan Tinggi, Gramedia Pustaka Utama (GPU) menurut Ad Rooijakkers(1987) ada lima cara dalam teknik membaca sebagai berikut.

  1. Membaca Terarah

    Dengan teknik ini, Anda menginginkan agar dalam waktu singkat memperoleh gambaran tentang buku itu, maka Anda dapat menentukan apakah Anda akan mem­baca buku itu secara benar atau tidak. Bila Anda mengetahui bagaimana buku itu disu­sun dan dikelompokkan, maka Anda sudah akan mendapatkan kesannya.

    Anda akan mengetahui pokok-pokok ma­na yang dibahas dan bagaimana penulis memberi urutan pada pokok bahasan itu. Bagaimanakah cara Anda membaca ter­arah? Ini Anda lakukan sebagai berikut:

    1. Bacalah judul buku dan nama penga­rangnya

    2. Lihatlah tahun penerbitan buku itu

    3. Ketahuilah, dengan maksud apa penulis mengarang buku itu

    4. Lihat daftar isi.

    5. Balik-baliklah halaman-halaman buku itu. Bacalah di sana-sini satu dua baris. Bacalah terutama baris-baris pertama pada tiap bab. Sering Anda akan dapat menerka apa yang akan dikemukakan oleh penulis

    6. Penting untuk lebih intensif membolak-balik pada bab yang ter­akhir. Kerap di situ terdapat kesimpul­an-kesimpulan.

    Bila mengikuti keenam langkah tersebut di atas, maka dalam waktu yang singkat Anda telah  banyak me­ngetahui tentang suatu buku. Misalnya An­da akan tahu apakah buku itu membantu Anda dalam menyusun karya ilmiah.

  2. Membaca Sepintas

    Pada membaca sepintas, yang diutama­kan adalah Anda harus mengerti pikiran pokok tiap bab dalam buku itu. Anda perlu berbuat lebih banyak daripada waktu mem­baca terarah. Pada membaca terarah Anda hanya ingin tahu apa yang dipersoalkan dalam buku itu. Sedangkan pada membaca sepintas, persoalannya terletak apakah An­da mengerti gagasan pokok apa yang sebe­narnya dalam buku itu. Maka di sini Anda harus dapat menemukan inti dari tiap ali­nea. Kerjakanlah sebagai berikut:

    1. Periksalah alinea pertama pada tiap bab atau paragraf. Bacalah alinea itu secara keseluruhan, karena ini merupakan pen­dahuluan dari bab itu.

    2. Bacalah alinea terakhir dari suatu bab, karena di sini terangkum kesimpulan­nya.

    3. Bacalah dari alinea yang berada di te­ngah-tengah kalimat-kalimat pertama dan terakhir.

    4. Perhatikan kata-kata yang digaris bawahi dan kata-kata yang dicetak dengan cara lain. Kata-kata ini memberikan petun­juk-petunjuk atau tanda-tanda yang khusus.

    Dengan ini Anda segera mengetahui titik-titik penting dari sebuah buku.

  3. Membaca Mencari

    Membaca ini adalahg diutamakan mencari nama-nama, atau angka-angka tertentu. Anda ingin menjawab suatu pertanyaan tertentu. Anda mencari jawabannya dalam buku itu. Anda memeriksa dalam buku itu di mana ada kemungkinannya. Pikiran Anda terpu­sat tentang keterangan yang ingin Anda cari. Bagaimana melakukan hal itu? Begini caranya!

    1. Tentukan pada diri Anda apa yang ingin Anda cari.

    2. Cobalah cari dalam bab mana jawaban Anda ini dapat ditemukan, coba teliti daftar isi buku itu.

    3. Lihatlah pada halaman-halaman di mana mungkin Anda menemukan nama, ang­ka, atau jalan pikiran yang Anda cari.

    4. Bilamana Anda telah menemukan yang Anda cari, bacalah teks sekelilingnya juga.

  4. Membaca Belajar

    Bila Anda ingin mengetahui dan meng­ingat hal-hal yang penting dan detail dari sebuah buku, maka Anda harus membaca belajar.Membaca belajar mempunyai tujuan untuk suatu permohonan dan mengingat suatu teks. Ini juga bukan berarti Anda harus hafal teks itu di luar kepala. Masalahnya ialah Anda perlu mempunyai pandangan

    mengenai susunan buku itu. Barulah Anda dapat meresapi hal-hal yang baru. Dan meresapi berarti Anda mengetahui masa­lahnya benar-benar. Untuk ini Anda perlu membaca teksnya kalimat demi kalimat.

    Apakah yang Anda akan lakukan dalam membaca belajar?

    1. Arahkan pandangan Anda pada keselu­ruhan hal.
    2. Bacalah dengan seksama. Buatlah catat­an dan garis bawahi kata-kata tertentu (tentu kalau buku itu milik Anda sendi­ri). Bilamana Anda telah selesai memba­ca satu bab, bacalah hal itu kembali dan perhatikan khusus hal-hal pokoknya.
    3. Apabila buku itu secara demikian telah selesai Anda baca, maka bacalah buku itu sekali lagi secara sepintas.
  5. Membaca Kritis

    Pada membaca kritis, Anda melangkah lebih lanjut dari keempat teknik membaca sebelumnya. Anda tidak hanya mencoba untuk dapat mengerti dan mengingat. Anda juga menilai tentang ba­han bacaan itu. Anda membaca keterangan yang Anda dapatkan membuat reaksi terha­dapnya. Anda berpikir secara kritis tentang apa yang Anda baca dan selanjutnya meni­lai, sampai sejauh mana Anda menyetujui pikiran penulisnya.
    Untuk dapat baca kritis suatu buku, Anda perlu membaca buku itu sekali lagi, setelah Anda baca secara teliti.

Related Posts

Post a Comment