Makalah Pancasila Dalam Kehidupan Beragama .pdf

Post a Comment

Mata Kuliah Pancasila - Makalah Pancasila Dalam Kehidupan Beragama

Mata Kuliah Pancasila PGSD makalah pancasila dalam kehidupan beragama

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pancasila merupakan dasar negara, dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk.Pancasila  juga  jati  diri  bangsa  Indonesia,  sebagai  falsafah,  ideologi, dan alat  pemersatu  bangsa  Indonesia  Mengapa  begitu  besar  pengaruh  Pancasila terhadap bangsa dan negara Indonesia?  Hal ini dikarena bangsa Indonesia memilki keragaman  suku,  agama,  bahasa  daerah,  pulau,  adat  istiadat,  kebiasaan  budaya, serta warna kulit jauh berbeda satu sama lain tetapi hal -hal atau perbedaan di atas harus dipersatukan.

    Terutama Kaitannya pancasila dengan kehidupan beragama di Indonesia sangat memiliki keterikatan antar satu dengan yang lainnya. Seperti yang kita ketahui Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.Pancasila adalah pedoman luhur yang wajib di ta’ati dan dijalankan oleh setiap warga negara Indonesia untuk menuju kehidupan yang sejahtera tentram,adil,aman,sentosa. Sedangkan Agama adalah ajaran sistem yang mengatur tata keimanan kepada Tuhan Yang Maha kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia an manusia serta  lingkungan.

Ada  pula  sebagian  pihak  yang  sudah  hampir  tidak  mempedulikan  lagi semua  aturan-aturan  yang  dimiliki  oleh  Pancasila.  Namun,  di  lain  pihak  muncul orang-orang yang tidak sepihak atau menolak akan adanya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Mungkin  kita  masih  ingat  dengan  kasus  kudeta  Partai Komunis  Indonesia yang  menginginkan  mengganti  ideologi  Pancasila  dengan ideologi  Komunis.  Juga kasus  kudeta  DI/TII  yang  ingin  memisahkan  diri  dari Indonesia  dan  mendirikan sebuah  negara  Islam.  Atau  kasus  yang  masih  hangat di  telinga  kita  masalah pemberontakan  tentara  GAM.

Mengapa banyak orang yang menetang pancasila dengan alasan agama. Masalah pokoknya adalah kurangnya pemahaman mereka tentang ideologi pancasila dan juga kesalahan mereka dalam  menafsirkan    pelajaran pelajaran atau ilmu agama yang mereka   dapatkan.  atau mungkin juga mereka mudah di pengaruhi dan di hasut dengan alasan agama atau kebebasan.dengan demikian sangat  mudah bagi orang orang yang ingin menghancurkan negri ini memanfaatkan mereka.

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.    Apa hubungan pancasila dan agama ?
2.    Apa landasan hukum dalam kehidupan beragama ?
3.    Bagaimana tentang Pemahaman Terhadap Pancasila Dalam Kehidupan Beragama ?
4.    Bagaimana munculnya konflik tentang kehidupan beragama ?
5.    Apa itu Trilogi Kerukunan umat Beragama ?
6.    Bagaimana upaya mewujudkan kerukunan beragama ?


Selengkapnya dapat di unduh disini

Related Posts

Post a Comment