Materi PPPK - Evaluasi, Penilaian, dan Pengukuran

Post a Comment

 soal p3k 2021; soal p3k 2021 dan jawabannya; contoh soal p3k guru; soal p3k guru sd 2021; soal pedagogik p3k; contoh soal pppk guru sd 2021; soal p3k guru sd; contoh soal p3k 2021; latihan soal pppk online; soal manajerial p3k; soal try out p3k; soal pppk 2021 dan pembahasan; latihan soal p3k online 2021;  materi pppk; materi pppk lengkap pdf; materi pppk kemendikbud 2021; materi pppk guru honorer; materi pppk pgsd; materi pppk manajerial; materi pppk tahun 2021; materi pppk guru agama islam; materi pppk pai sd; materi pppk kompetensi teknis; materi pppk guru kemdikbud 2021; materi pppk kemendikbud; materi pppk 2021; materi pppk 2019; materi pppk dan cpns;

Perbedaan Evaluasi, Penilaian, dan Pengukuran

Evaluasi adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes.

Pengukuran adalah membandingkan hasil tes dengan standar yang ditetapkan. Pengukuran bersifat kuantitatif.

Penilaian, sedangkan menilai adalah kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ke taraf pengambilan keputusan. Penilaian bersifat kualitatif.

Alat Penilaian

Rating Scale adalah alat pengumpul data yang digunakan dalam observasi untuk menjelaskan, menggolongkan, menilai individu atau situasi Rating Scale adalah alat pengumpul data yang berupa suatu daftar yang berisi ciri-ciri tingkah laku/sifat yang harus dicatat secara bertingkat

Daftar Cek

Penilaian unjuk kerja dapat dilakukan dengan menggunakan daftar cek (ya – tidak). Pada penilaian unjuk kerja yang menggunakan daftar cek, peserta didik mendapat nilai apabila kriteria penguasaan kemampuan tertentu dapat diamati oleh penilai. Jika tidak dapat diamati, peserta didik tidak memperoleh nilai. Kelemahan cara ini adalah penilai hanya mempunyai dua pilihan mutlak, misalnya benar-salah, dapat diamati-tidak dapat diamati. Dengan demikian tidak terdapat nilai tengah. Berikut contoh daftar cek.

Skala Penilaian

Penilaian unjuk kerja yang menggunakan skala rentang memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu karena pemberian nilai secara kontinuum di mana pilihan kategori nilai lebih dari dua. Skala rentang tersebut, misalnya, sangat kompeten – kompeten – agak kompeten – tidak kompeten. Penilaian sebaiknya dilakukan oleh lebih dari satu penilai agar faktor subjektivitas dapat diperkecil dan hasil penilaian lebih akurat.

Rubrik

Rubrik bisa juga digunakan untuk menilai unjuk kerja siswa. Rubrik adalah pedoman penskoran yang digunakan untuk menilai unjuk kerja siswa berdasarkan jumlah skor dari beberapa kriteria dan tidak hanya menggunakan satu skor saja. Ini memuat klasifikasi nilai yang dapat diberikan pada siswa sesuai dengan unjuk kerja yang ditampilkan. Tujuan dari penilaian rubrik yaitu siswa diharapkan secara jelas memahami dasar penilaian yang akan digunakan untuk mengukur suatu kinerja siswa. Kedua pihak.(guru dan siswa) akan mempunyai pedoman bersama yang jelas tentang tuntutan kinerja yang diharapkan. Rubrik diharapkan pula dapat menjadi pendorong atau motivator bagi siswa dalam proses pembelajaran.

Langkah penyusunan butir soal

  1. Menentukan tujuan tes, 
  2. Menentukan kompetensi yang akan diujikan, (3) menentukan materi yang diujikan, 
  3. Menetapkan penyebaran butir soal berdasarkan kompetensi, materi, dan bentuk  penilaiannya (tes tertulis: bentuk pilihan ganda, uraian; dan tes praktik), 
  4. Menyusun kisi‐kisinya, 
  5. Menulis butir soal, 
  6. Memvalidasi butir soal atau menelaah secara kualitatif, 
  7. Merakit soal menjadi perangkat tes, 
  8. Menyusun pedoman penskorannya 
  9. Uji coba butir soal, 
  10. Analisis butir soal secara kuantitatif dari data empirik hasil uji coba, dan 
  11. Perbaikan soal berdasarkan hasil analisis.

✅ Lengkap | Rangkuman Materi Tes PPPK Guru

Related Posts

Post a Comment