Mudahnya Belajar Arduino Buat Pemula

Post a Comment
Cara gampang belajar buat project arduino sederhana

Kenalan Sama Arduino Untuk Pemula



Tau ngga sih,, Running Text yang sering kita temui di jalan? Nah itu adalah salah satu contoh penerapan Arduino di dunia nyata.

Arduino Itu Apa Sih ?


Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat sumber terbuka, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Arduino juga merupakan senarai perangkat keras terbuka yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktif berdasarkan hardware dan software yang fleksibel dan mudah digunakan. Mikrokontroler diprogram menggunakan bahasa pemrograman arduino yang memiliki kemiripan syntax dengan bahasa pemrograman C. Karena sifatnya yang terbuka maka siapa saja dapat mengunduh skema hardware arduino dan membangunnya.

Arduino menggunakan keluarga mikrokontroler ATMega yang dirilis oleh Atmel sebagai basis, namun ada individu/perusahaan yang membuat clone arduino dengan menggunakan mikrokontroler lain dan tetap kompatibel dengan arduino pada level hardware. Untuk fleksibilitas, program dimasukkan melalui bootloader meskipun ada opsi untuk mem-bypass bootloader dan menggunakan pengunduh untuk memprogram mikrokontroler secara langsung melalui port ISP.


Fungsinya Buat Apa ?


Perangkat keras dan perangkat lunak Arduino dirancang untuk seniman, perancang, penggemar, peretas, pemula, dan siapa pun yang tertarik untuk membuat objek atau lingkungan interaktif. Arduino dapat berinteraksi dengan tombol, LED, motor, speaker, unit GPS, kamera, internet, dan bahkan ponsel pintar atau TV Anda! Fleksibilitas ini dikombinasikan dengan fakta bahwa perangkat lunak Arduino gratis, papan perangkat kerasnya cukup murah, dan perangkat lunak maupun perangkat kerasnya mudah dipelajari telah menyebabkan komunitas besar pengguna yang telah berkontribusi kode dan mengeluarkan instruksi untuk berbagai macam Proyek berbasis Arduino

Saya Jadi Ingin Belajar ?


Selain harga yang relatif murah dan mudah dalam membuat project arduino karena sangat mudah mencari sumber belajarnya. Nah,, buat kamu yang masih awam dengan arduino atau masih pemula dapat kamu pelajari pada ebook yang saya bagikan secara gratis pada link download di bawah ini. yang membahas mulai dari pengertian, cara kerja, jenis, aplikasi, dan masih banyak lagi yang dapat di pelajari dalam ebook ini.
Ikuti social media cakguru.com untuk Dapatkan Info Menarik lainnya setiap waktu.

Related Posts

Post a Comment