Siklus Hujan Dan Dampaknya Yang Perlu Kamu Ketahui

Desain Cover Halaman

Halo cakpepole,,!! Pernah denger gak sih lagu kayak gini,, 

yang hujan turun lagi di bawah payung hitam ku ......... 
( jika kalian tahu sambil nyanyi Berarti hidup kalian sangat tabah )

Sekedar mengingatkan kalo hujan turun jangan cuma ingat sama kenangan,, tapi inget juga dengan jemuran. hehe,, 

Sipp,, mari kita lanjut ke materi

Udah pada tahu gak sih,, proses terjadinya hujan dan unsur pendukungnya ??


Begini konsep sederhananya,, 
ada air laut / danau kemudian menguap jadi awan lalu turun jadi hujan ( versi simple )

Sedangkan versi lengkapnya seperti ini :
Siklus air atau siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi

Pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi tersebut dapat berjalan secara terus menerus. Air berevaporasi, kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan es dan salju (sleet), hujan gerimis atau kabut.

Pada perjalanan menuju bumi beberapa presipitasi dapat berevaporasi kembali ke atas atau langsung jatuh yang kemudian diintersepsi oleh tanaman sebelum mencapai tanah. Setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus bergerak secara terus menerus dalam tiga cara yang berbeda:

Evaporasi / transpirasi - Air yang ada di laut, daratan, sungai, tanaman, dan sebagainya menguap ke angkasa (atmosfer) dan menjadi awan. Pada keadaan jenuh, uap air (awan) itu akan menjadi bintik-bintik air yang selanjutnya akan turun (presipitasi) dalam bentuk hujan, salju, hujan es.

Infiltrasi / Perkolasi ke dalam tanah - Air bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah dan batuan menuju muka air tanah. Air dapat bergerak akibat aksi kapiler atau air dapat bergerak secara vertikal atau horizontal di bawah permukaan tanah hingga air tersebut memasuki kembali sistem air permukaan.

Air Permukaan - Air bergerak di atas permukaan tanah dekat dengan aliran utama dan danau; makin landai lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka aliran permukaan semakin besar. Aliran permukaan tanah dapat dilihat biasanya pada daerah urban. Sungai-sungai bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan di sekitar daerah aliran sungai menuju laut.

Air permukaan, baik yang mengalir maupun yang tergenang (danau, waduk, rawa), dan sebagian air bawah permukaan akan terkumpul dan mengalir membentuk sungai dan berakhir ke laut. Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam komponen-komponen siklus hidrologi yang membentuk sistem Daerah Aliran Sungai (DAS). Jumlah air di bumi secara keseluruhan relatif tetap, yang berubah adalah wujud dan tempatnya. Tempat terbesar terjadi di laut.

Macam-Macam dan Tahapan Proses Siklus Air:

Siklus Pendek / Siklus Kecil
  1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
  2. Terjadi kondensasi dan pembentukan awan
  3. Turun hujan di permukaan laut


Siklus Sedang
  1.  Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
  2.  Terjadi evaporasi
  3.  Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat
  4.  Pembentukan awan
  5.  Turun hujan di permukaan daratan
  6.  Air mengalir di sungai menuju laut kembali


Siklus Panjang / Siklus Besar
  1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
  2. Uap air mengalami sublimasi
  3. Pembentukan awan yang mengandung kristal es
  4. Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat
  5. Pembentukan awan
  6. Turun salju
  7. Pembentukan gletser
  8. Gletser mencair membentuk aliran sungai
  9. Air mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut

Sumber; https://id.wikipedia.org/wiki/Siklus_air


Nah,, itu tadi pembahasan tentang bagaimana terjadinya curah hujan dan mekanisme terjadinya hujan dari langit ke bumi dalam kehidupan kita.

Dan selain itu berikut juga saya tambahkan file materi siklus hujan dan hidrologi dalam bentuk powerpoint / ppt.

Silakan teman teman dapat lihat di bawah ini..

Jangan lupa mampir juga ke social media kami ya,, biar ngga ketinggalan update dari kami.
Terimakasih

Klik untuk berkunjung ke Social Media Kami



Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter